Welcome to my blog, Salam jumpa...

Jumat, 12 Juli 2013

Info jalan dan perkiraan titik macet menjelang mudik 2013... ( Utk Jalur Mudik Jakarta - Karawang - Indramayu - Cirebon - Songgom - Prupuk - Bumiayu - Purwokerto )



             Menjelang musim mudik tahun 2013, yg kira-kira 3 minggu lagi, alangkah baiknya kita mengenal titik2 macet, terutama bagi pemudik yg dari Jakarta ke Jawa Tengah yaitu daerah Purwokerto.
Untuk daerah lain, saya kurang begitu mengenal sehingga tidak bisa saya tuliskan disini.

           Bagi teman2 yg mudik dari Jakarta ke daerah Purwokerto dan sekitarnya...biasanya ada 2 jalur yg biasa dilewati...yaitu :

1. Jalur Jakarta - Pantura Indramayu - Cirebon - Tegal - Pemalang - Purbalingga - Purwokerto - dst.
Kadang ada yg cari jalur alternatif yaitu lewat Purwakarta...keluar Tol Sadang...trus Subang...Ketanggungan Brebes... , beberapa tempat agak rusak jalannya..
Utk jln alternatif Subang - Ketanggungan...disarankan utk yg mengerti betul sebab berliku2 dan agak membingungkan...jalan malam lebih lowong krn aktifitas warga seperti pasar2 dan toko telah tutup.

2. Jalur Jakarta - Pantura Indramayu - Cirebon - Tol Pejagan - Songgom - Prupuk - Bumiayu - Purwokerto - dst...
Jalan2 setelah masuk Jateng...ada beberapa yg kurang bagus, dalam perbaikan, ataupun yg cukup jelek...
Jalan2 di Jawa Barat relatif lebih baik daripada di Jawa Tengah....ini menurut pengamatan saya....

Di bawah ini adalah daerah yg rawan macet saat mudik :

- Macet di Karawang.
Utk. pemudik yg pernah mudik pakai sepeda motor, biasanya setelah masuk Karawang( sedikit masuk kota ), akan diarahkan kearah kiri...trus ke kanan, sepertinya jalan kecamatan ( pinggir sawah )... , jika arah balik ada mobil atau bis yg lewat, maka bisa dipastikan akan macet parah.
Menurut pengalaman saya tahun kemarin, jika terjadi macet parah...dari Karawang ke Indramayu bisa sampai 5 jam... , cari2 alternatif..ketemu jalan desa dan pinggir sawah, mobil2 pribadi sampai berhenti dipinggir sawah...( bisa sambil berjemur di pinggir sawah, kayak turis saja ...he3..).

http://www.antarafoto.com/bisnis/v1345197339/puncak-arus-mudik
http://www.antarafoto.com/bisnis/v1345196496/puncak-arus-mudik

- Macet di Pantura Indramayu.
Walau macet...disini sudah mendingan, kalau pakai motor bisa nyelip2... , tp tidak disarankan bawa anak & istri.. , anak & istri mending diantar pulkam 1 atau 2 minggu sebelum lebaran dg bus atau kereta api.
Macet di Pantura Indramayu ini terjadi biasanya karena perbaikan jalan, volume kendaraan baik mobil pribadi, bus ataupun truk yg meningkat memenuhi jalan, ataupun macet karena kecelakaan.
Saat sampai dipertigaan Lohbener, jika arah tol macet...maka akan diarahkan lurus melewati Kota Indramayu, akan terasa lebih jauh...

 http://en.bisnis.com/articles/mudik-lebaran-2012-ruas-sukamandi-patok-besi-macet-5-jam

- Jalan di daerah Songgom.
Beberapa tempat di jalur Songgom juga ada jalan2 yg rusak...bahkan sampai rusak parah...

http://www.mitrakamtibmas.com/index.php/lantas/item/686-jalan-alternatif-pantura-rusak-pak-ogah-marak
 
- Jalan di Ciregol.
Meskipun sudah cukup bagus...namun ada beberapa titik di Ciregol yg terdapat jalan yg rusak / bergelombang, sehingga kendaraan akan melambat jika melewatinya.

http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/03/15/6/138478/Tikungan-Ciregol-Brebes-Ambles-Lagi

- Jalan Longsor pinggir tebing di Tonjong.
Jika jalan yg anda pilih adalah jalur Prupuk - Bumiayu - Pwt, maka bersiaplah akan kemungkinan macet di jalan daerah Tonjong ini, tepatnya didepan SMA Muhammadiyah Tonjong.

http://www.bumiayu.net/2013/01/tanah-longsor-depan-sma-muhamadiyah.html

Menurut 'bumiayu.net'  :
"Perbaikan secara darurat itu dijadwalkan selesai pada awal Juli 2013 mendatang."

http://www.bumiayu.net/2013/04/bina-marga-mulai-perbaiki-jalan-longsor-tonjong.html


Menurut pantauan saya...jalan yg sedikit longsor di satu sisinya ini masih terus dilakukan perbaikan ( hampir sebulan 2X saya pulkam naik bis, jadi saya melewati jln ini ).

Mungkin saya perkirakan perlu waktu minimal 3 s/d 6 bln bisa selesai.
Jalan disini cukup berpotensi timbul macet parah.
Disarankan cari jalan alternatif.

- Jalan rusak/longsor di Lingkar Bumiayu ( Kali Keruh ).
Jalan Lingkar Bumiayu longsor akibat curah hujan yang tinggi dan curamnya tebing yang mengakibatkan lebih dari setengah badan jalan longsor.  Sepertinya belum selesai.

http://photo.sindonews.com/view/1708/jalan-lingkar-bumiayu-longsor


- Pelebaran jalan setelah jalan Lingkar Bumiayu.
Pelebaran jln ini mungkin bisa selesai sebelum arus mudik tiba.

- Kerusakan jalan yg lain dan pasar tumpah.
Di samping jalan2 yg disebutkan diatas, masih ada jalan2 rusak lain tapi mungkin perlu diwaspadai.
Pasar tumpah pada pagi sampai sore hari juga berperan menambah kemacetan, apalagi jika tidak diatur oleh petugas baik polisi maupun dishub.

         Jika ada temen2 yg rencananya mudik pakai bis, mobil pribadi maupun motor, jika melewati jalur2 tadi, bersiap-siaplah menghadapi kemacetan dg tingkat macet yg berbeda disetiap tempat.
Apalagi cuaca yg kadang2 hujan...sehingga kemungkinan besar jalan akan kembali rusak jika dilewati...apalagi oleh truk2 besar dg tonase yg cukup besar...

http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&ved=0CCgQFjAA&url=http%3A%2F%2Fwww.pu.go.id%2Fassosiasi%2Fhpji%2Fmajalah%2Fmjt_0603.pdf&ei=UmjfUZaeL8SrrAfb8YFI&usg=AFQjCNH7cVnts0H3oMuX3G56mdxpg7w_yw&sig2=fsL_kbpW1bMeWdemjJ5OCw&bvm=bv.49147516,d.bmk

        Bawalah bekal cemilan, makanan dan minuman yg cukup, ini utk antisipasi jika macet total dan berhenti di jln2 persawahan seperti yg saya alami di tahun 2012 lalu.

        Jika kita terkena macet yang parah sampai stack ( tidak bergerak sama sekali ), tetaplah rileks, anggap saja sedang wisata, bagi yg tidak puasa mungkin bisa sambil menikmati makanan dan cemilan...itu jika lapar tentunya.
Mungkin agak merepotkan jika macetnya di jalan desa yg lewat pinggir sawah.
Sambil cari jalan alternatif, eh malah macet total di jalan desa pinggir sawah.
Kalau sudah begini, lebih baik berhemat dalam makan dan minum, artinya seperlunya saja. Jika nanti sudah jalan lagi, trus ketemu toko atau warung, bisa kita beli makanan dan minuman lagi.

     Saya dan kita semua mungkin berharap...perbaikan jalan2 tersebut akan selesai sebelum tiba musim Mudik Lebaran tahun 2013... , namun saya pribadi agak pesimis bisa dilakukan...,

Dan semoga arus mudik tahun 2013 ini bisa lebih lancar, tidak ada kecelakaan, dan selamat sampai di tujuan, amin....

   Kiranya ini saja, jika ada kekurangan mohon koreksinya...



Hart.

Tidak ada komentar: